KTI

REHABILITASI SUMBER DAYA AIR DAN KONSERVASI HUTAN/LAHAN, PERENCANAAN DALAM UPAYA MENGATASI KEKERINGAN DI KECAMATAN TORJUN KABUPATEN SAMPANG MADURA JAWA TIMUR

OLEH

KHOIRUL ANAM ( XI IPA-1)

YASY IS FUAIDAH ( XI IPA-1)

SUSIANTI ( XI IPA-1)
SITI QURROTUL AINI ( XI IPA-1)

YULANDA MADURATNA (XI IPA-1)

SMA NEGERI 1 TORJUN

KABUPATEN SAMPANG

Juni 2010

Lagi

aplikasi

aplikasi nokia

Download gratis aplikasi nokia
software update 20-2-2010

* free download app .jar kamus indonesia-inggris disini
* free download app .jar Opera mini v.5 beta disini
* free download app .jar ebuddy disini
* free download app .jar terjemah al-Qur’an in ponsel anda disini
* free download app .jar kamus angkola mandailing disini
* free download app .jar kamus ekonomi disini
* free download app .jar kamus indonesia-jerman disini

Aplikasi Nokia jadi, (game, anvir, media player, dll) untuk Hp nokia 3230, 3660, 3680, 6600, 6680, 7610, N-Gage, N70, dll.
Download dan extract file yang kami berikan, copy_paste di folder system_App yang ada di handphone kamu. kamu bisa langsung menjalankan program yang telah kami berikan tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu.
langsung download aja yach . . .

Game :
1. Aspal 1
2. Aspal 2
3. Fifa 06
4. MotoGP
5. MotoRacer
6. RallyProContest
7. SkyForce
8. Sonicn
9. Tankermania
10. Tembak

Anti Virus :
1. Anvir
2. Zeon Antivirus
3. Netqin Mobile (yang ini di instal dulu ya… he)

Explorer :
1. Fexplorer
2. Smar Fileman
3. System Explorer

Media Player :
1. FW Player
2. LCGJukebox
3. Mp3Player
4. SuperMP3
5. PowerMP3
6. UltraMP3

Font hp : hiasi font hp mu dengan berbagai macam font yang ada.

MsvDriveE : aplikasi ini akan membantu anda untuk mentiadakan masalah yang ada di HP kamu yang selalu berkata “memory penuh hapus sebagian data” setiap kali anda mengirim file lewat koneksi bluetooth atau yang lain.

PhotoOptimizer : nikmati hasil foto yang lebih bagus dengan aplikasi ini, yang didukung dengan beberapa animasi.

Mumsms : berguna untuk menyembunyikan sms. dalam artian orang lain tidak dapat membuka / membaca sms rahasia yang kita punya.

SmsGuard : hampir mempunya fungsi yang sama dengan Mumsms. yaitu dapat menyembunyikan data-data penting dari sms yang kita punya.

SMSLove : kirim sms manis mu mengunakan aplikasi ini. tersedia banyak kata mutiara di aplikasi ini.

PocketQuran : itung-itung sambil beribadah, nambahin pahala, ngurangin dosa, dengan membaca al qur’an yang sudah ada dalam hp kamu.

Smstime : membuat seolah-olah sms kita akan terkirim pada waktu malam hari, padahal kita enak terkapar di atas ranjang. kita dapat menatur waktu (terserah kamu). kapan sms yang kita buat akan terkirim.

SmsFak : yang ini di coba aja dulu, ntar juga tau… he..

Aplikasi (sis/jar)

Aplikasi JAR : (game, anvir, media player, tema, dll). untuk Hp nokia 3230, 3660, 3680, 6600, 6680, 7610, N-Gage, N70, 5310, 5300, dan Sony Ericsson.
Download dan extract, transfer file hasil extract tadi ke Hp kamu, selanjutnya tinggal klik / instal.
jadi dah… …

1. Crazygems
2. FIFA 2005
3. Kyushus Devils Fighting With Demons
4. Moto GP
5. Moto_GP2_Java_S60
6. Racing Fever Deluxe
7. ScoobyDoo
8. Starx
9. Tom jerry
10. Zuma
11. AL_Azkar
12. MShalat KMC
13. Opera-mini-4.1
14. Chicagowars II
15. Dragon Island By Macrospace
16. Abu Baker
17. Formula Extreme
18. English_dictionary
19. IQSexWorm2_Small_English
20. Dangerous Speed_SE_F500_out
21. Underground Racer_S40_out
22. Ww rally 2_n40_out
23. Kamus Lengkap
24. Quran audio
25. Quran reader arabic

Aplikasi SIS : (game, anvir, media player, tema, dll). untuk tipe nokia 3230, 3660, 3680, 6600, 6680, 7610, N-Gage, N70, dll.
Download dan extract, transfer file hasil extract tadi ke Hp kamu, selanjutnya tinggal klik / instal.
jadi dah..
1. Lcg juke box218
2. Mcafee virusscan mobile
3. Slovo EdEN
4. Power mp3 v24
5. DVD Player
6. LCG Jukebox.v2.17
7. Fexplorer
8. Kubuntu 2s60
9. Fs caller60
10. FS Caller 3.02 Full New Dot
11. Radio n70
12. S2 Ultra MP3
13. Sky Force
14. SeleQ v1.65i
15. Smart movie.v3.11.s60. symbianos. cracked binpda
16. Smart Movie S60lcg
17. Ultra MP3 .V1.45. S60
18. SlovoEd
19. Ultra MP3 S60lcg1.52
20. Tekken 523807
21. Vista vs macqme2shfi
22. Vista vs macvk6c2tv6
23. Vista orbby snake
24. Vista green lu2serjc
25. Vista aero
26. Ultra mp3 15222718

Download tema untuk handphone nokia ada disini

ini yang baru .. .. ..

FIFA For Nokia 60 Series

game ini cocok untuk HP : 3650,6600,7650,7610,3620,3660,6260,6630,7600,NGage, 6680,6681,3230,8800,.
free download disini passwordnya disini

teka-teki lucu

Teka-teki Binatang

01. Bebek apa yg jalannya selalu muter ke kiri terus?
Bebek dikunci stang

02. Kenapa Bebek goreng enak rasanya?
Karena ada huruf ‘B’ nya, coba kalo nggak ada, berani makan?

03. Ada bebek 10 di kali 2 jadi berapa?
8, soalnya yg 2 lagi maen di kali, kan?

04. Hewan apa yg bersaudara?
Katak beradik

05. Kenapa anak kodok suka loncat-loncat?
Biasalah… namanya juga anak-anak. Suka iseng…

06. Hewan apa yg paling aneh?
Belalang kupu-kupu. Soalnya kalo siang makan nasi kalo malam minum susu

07. Hewan apa yang namanya 2 huruf?
U dan g

08. Apa yang mempunyai kaki enam dan bisa terbang?
Tiga ekor burung!

09. Bagaimana caranya mencegah anjing supaya tidak kencing di jok belakang?
Pindahkan ke jok depan!

10. Punya delapan kaki tapi yang dipakai cuma empat?
Seekor kuda yang sedang ditunggangi dua orang!

11. Siapa yang selalu jadi korban pemerasan?
Sapi perah

12. Bagaimana Membedakan Zebra Jantan Dengan Betina
Zebra Jantan Aslinya Berwarna Hitam Garis – Garisnya Putih, Zebra Betina Aslinya Berwarna Putih Garis – Garis Hitam

13. Kalau dipukul yang mukul malah kesakitan?
Nyamuk yang lagi nempel di hidung!

14. Tikus kalo ulang taon minta hadiah apa?
Sepeda (bodo!! yang ulang taon khan dia… jadi terserah dong…)

15. Gimana caranya tau di dalam kulkas ada tikus?
Liat dulu… di luar kulkas ada sepeda ga?

16. Berapa jumlah kaki seekor kerbau?
Delapan (8) yaitu: dua kaki kiri, dua kaki kanan, dua kaki depan, dan dua kaki belakang

17. Hitam, putih, merah, apakah itu?
Zebra abis dikerokin

18. Monyet apa yang rambutnya panjang?
Monyet gondrong

Teka-teki Gajah

19. Binatang apa yang kalau lagi pilek paling menderita?
Gajah (bayangin aja sendiri)

20. Gajah apa yang belalainya pendek?
Gajah pesek

21. Apa persamaannya gajah dan tiang listrik?
Sama-sama nggak bisa terbang

22. Gimana caranya 5 ekor gajah naek sedan?
2 di depan 3 di belakang

Teka-teki Ikan

23. Ikan apa yang matanya banyak sekali?
Ikan teri 1 kilo

24. Ikan apa yang paling menderita?
Ikan nggak bisa berenang

25. Ikan apa yang nggak bisa berenang?
Ikan goblok

Teka-teki Kucing

26. Binatang yang paling dibenci anjing laut?
Kucing laut

27. Apa bedanya kucing ama kucring?
Kalo kucing kakinya empat, kalo kucring kakinya emprat

28. Bola apa yang mirip kucing?
Bola emon

Teka-teki Ayam

29. Kenapa ayam kalo berkokok matanya merem?
Karena udah hapal teksnya

30. Ayam apa yang besar?
Ayam semesta

31. Kenapa ayam jago nggak punya tangan?
Sebab ayam betina ngga punya susu

32. Ada ngga ayam yang berkokok siang-siang?
Nggak ada, yang ada berkokok ku… ku… ruyuuuukk.

Teka-teki Telor

33. Barang apa yang lebih berguna setelah pecah? Telur

34. Ada ayam jantan pala’nya ada di amerika ekornya di Afrika, sayapnya di Jakarta, matanya ada di Brazil, telurnya ada di mana?
Ayam jantan mana ada sih yang Bertelor…

35. Ayam apa yang bertelur di mana aja?
Ayam betina

36. Telor apa yang paling enak?
Telor yang lagi gatel trus digaruk-garuk

37. Telor apa yang sangar?
Telor asin, soalnya ada tatonya

38. Telor asin takut ama sapa?
Ama telor puyuh, sebab tatonya lebih banyak

39.Telor puyuh takut ama sapa?
Ama telormu, abis punyamu bawa pistol seeh!

40. Kenapa anak babi kalo jalan nunduk?
Karena malu punya ibu seekor babi

41. Kenapa anak kelinci kalo jalan suka lompat-lompat?
Soalnya dia seneng ibunya bukan babi

42. Apa beda unta dengan kangkung?
Kalo unta di arab, kalo kangkung di
urap

Teka-teki Garing Campuran

43. Apa bedanya pemurung dengan pemulung?
Pemurung tidak pernah merasa gembira, sedangkan pemulung tidak pelnah melasa gembila

44. Kenapa mayat dibungkus kain putih?
Pake hitam…??? Siapa takut!!!!

45. Kenapa Afrika negaranya miskin?
Karena terlalu sibuk ngeriting rambut

46. Olah raga apa yang paling berat?
Catur. Masa kuda ama benteng diangkat-angkat

47. Siapakah presiden RI yang terseksi?
Pa ha Bibi

48. Kenapa stir mobil letaknya kalau ‘nggak di kanan ya di kiri. Kok’nggak di tengah?
Biar gampang kalau mau ngeludah

49. Kenapa Sri Rama memilih Sinta?
Karena kulit Santi tak seputih kulit Sinta

50. Kenapa Superman celana dalamnya merah?
Karena lupa pake pembalut

51. Kenapa Superman bajunya pake huruf S?
Karena kalau pake M atau XL kegedean

52. Kenapa superman gak kawin ama wonderwoman?
Ya emang nggak jodoh

53. Kenapa Batman lambangnya bukan B?
Karena udah dipake sama Bobo…

54. Batman kalo tidur di mana hayo?
Bedcover

55. Kenapa suku Irian memakai koteka?
Karena kalau pakai daun pisang ntar dikira lontong

56. Kenapa kijang tiada duanya?
Karena indosiar memang untuk anda

57. Bahasa Inggrisnya nasi apa? Rice
Bahasa Inggrisnya panjang apa? Long
Kalau bahasa Inggrisnya nasi panjang apa?
Lontong

58. Kenapa di dalam bajaj nggak ada nyamuk?
Karena nyamuk sini cuma takut tiga roda

59. Siapa wanita Indonesia yang paling kuat?
Nyonya Meneer, berdiri sejak tahun 1918

60. Apa bedanya aku dan kau?
Aku dan kau, jelekan kau (nyanyiin pake lagu susu dancow)

61. Kenapa kalo lagi mikir orang suka megang jidatnya?
Ya iyalah, masa megang jidat orang laen!

62. Benda apa yang paling matre’?
Telepon umum, khan kalo dikasih uang baru mau kerja

63. Apa bedanya sarung dan kotak?
Kalau sarung itu bisa kotak-kotak kalau kotak tidak bisa sarung-sarung

64. Sepatu siapa yang nggak bisa lepas?
Ya sepatunya reza donk (kan sepatu yang tak bisa lepas: dinyanyiin)

65. Sapu apa yang selalu menempel?
Sapu yang tak bisa lepas… (lagunya Reza juga)

66. Ada dua orang bapak dan dua orang anak, mereka pergi ke hutan untuk berburu kancil, sialnya mereka hanya dapat tiga ekor, tetapi waktu kembali ke rumah, masing-masing membawa satu ekor. Mungkinkah atau mustahil???

Jawaban disertai alasan: yang pergi berburu hanya 3 orang, seorang kakek, seorang ayah dan seorang anak, tul nggak? Mikir dong hehehe… :d

67. Tiang apa yang enak?
Tiang-tiang minum te!

68. Naiknya cepet, turunnya lambat banget…?
Ingus!

69. Tank apa yang moncongnya ke bawah?
Tankurep, hehehe…

70. Nembak lantai kena hidung apa hayo?
Kentut woi

71. Sma apa yang badannya gede-gede?
Sma CK DOWN

72. Pohon apa yang paling banyak pada hari lebaran?
Pohon maaf lahir dan batin

73. Benda apa yang besar putih bersayap dan rasanya asin?
Pesawat terbang jatuh ke laut donk…!!!

74. Lemari apa yang bisa masuk kantong?
Lema ribu

75. Dewa apa yang kesepian?
Dewakto sendere

76. Ada berapa hurufkah dalam abjad?
Ada 5 (lima) a-b-j-a-d

77. Apa bedanya wayang, sepatu, dan jengkol?
Kalo wayang ada yang namanya semar, kalo sepatu disemir, kalo jengkol disemur

78. Kentang apa yang bisa bikin bayi ketawa?
Kentangtingtungtingtangtingtung

79. Saya ada jeruk lima kamu minta minta satu, sisanya berapa?
Ya tetap lima soalnya kamu nggak dikasih…

80. Apa yang kalo naik turun, kalo turun naik?
Tukang Beca, kalo jalannya naik dia turun buat dorong, kalo jalannya turun dia naik lagi

81. Kenapa aspal itu hitam?
Kalau coklat lo ambil ntar

82. Mie apa yang bau banget?
Mie kuAHHHHHHHHHHHHHH…

83. Kenapa orang takut kehujanan?
Coz tuh hujan beraninya kroyokan, coba klo satu-satu, gak ada yang takut khan?

84. Kenapa liang anus keriput?
Soalnya dicuci-dicuci, disetrika enggak…

85. Orang sibuk paling sabar duduk di mana?
Di jamban

86. Ban apa yang bisa makan, joget, nyanyi, dan ngomong?
Banci

87. Uang kalau dilempar jadi apa?
Jadi rebutan

88. Sepatu biru kecebur di Laut Merah jadi apa?
Jadi luntur

89. Kenapa batu kalau dimasukkan ke air tenggelam?
Soalnya batu enggak bisa berenang!

90. Ada nggak buah rambutan yang berbahaya kalau kita makan?
Ada, kalau makannya di tengah jalan tol!

91. Apakah ilmu pasti itu?
Ilmu yang melarang soal-soal seperti ini: satu ditambah satu barangkali dua, dsb!

92. Supaya enak biji nangka dimasaknya bagaimana?
Cari biji nangka yang paling kecil. Terus 1 biji itu dibelah 8. Salah satu potongannya direbus. Setelah matang dimakan dengan 3 potong ayam goreng. Setelah habis, minumlah juice durian. Pasti enak!

93. Bagaimana orang cadel tertawa?
Teltawa telkekeh kekeh

94. Sebutkan perbedaan segelas es campur dengan segelas air putih?
Kira-kira lima ratus rupiah!

95. Bagaimana cara yang paling cepat menggemukkan badan?
Masuk ke sarang lebah!

96. Kalau hitam dibilang bersih, kalau putih dibilang kotor?
Papan tulis!

97. Apa persamaan uang dan rahasia? Dua-duanya susah dipegang!

98. Selalu diam di pojok tapi selalu keliling dunia?
Perangko!

99. Bagaimana cara melipatgandakan uang dengan cepat?
Taruh di depan kaca!

100. Polisi melihat sopir truk di Rambu larangan tetapi tidak menangkapnya.
Kenapa? Karena sopir truk itu sedang berjalan kaki!

101. Apa namanya orang yang membawa 3 ekor kelinci di kepalanya?
Orang enggak ada kerjaan!

102. Siapa yang potong rambut tiap hari tapi tidak botak?
Tukang pangkas!

103. Yang membuat tidak membutuhkannya. Yang membeli tidak memakainya. Yang memakai tidak memesannya? Apa itu?
Batu Nisan!

104. Yang jual enggak doyan, yang doyan enggak beli, yang beli enggak doyan?
Rumput (makanan sapi).

105. Apa beda matahari sama bulan?
Matahari ada diskon, bulan enggak ada

106. Kenapa Bumi makin panas?
Karena Matahari buka cabang di mana-mana

107. Gimana cara terbang ke matahari tanpa kepanasan?
Perginya malam hari

108. Apa yang dikatakan orang bisu pertama kali bisa ngomong?
Tes… tes… 1 2 3 dicoba…, Sound Check, Sound Check…!

109. Apa yang luarnya mulus dalamnya amburadul?
Nenek-nenek naek mercy

Teka-teki Buah

110. Buah apa yang gak punya otak?
Semua buah dong

111. Apa perbedaan antara apel dan upil?
Kalau apel ditaruh di atas meja. Kalau upil dioles di bawah meja.

112. Kenapa meja bagian bawahnya selalu kasar, tidak sehalus bagian atasnya?
Karena bagian bawah meja banyak upil yang udah kering.

113. Buah apa yang berakhiran huruf “K”?
Mangga busuk, pepaya busuk, apel busuk…

114. Rambut putih namanya uban, rambut merah namanya pirang, kalo rambut hijau namanya apa?
Rambutan belum mateng…

Teka-teki 17thn ke atas (khusus dewasa)

115. Apa bedanya jam 12 siang ama’ jam 12 malem?
Kalo jam 12 siang bunyinya neng, neng, neng…
Kalo jam 12 malem bunyinya neeeng, neeeng… pintunya bukain neeeng…

116. Apa perbedaan rok dengan roket?
Roket makin ke atas makin nggak kelihatan, kalau rok makin ke atas makin kelihatan

117. Majalah apa yang paling mahal?
Bobo sama Gadis (kalo ga ngerti, jangan tanya ama tukang majalah!)

118. Apa bedanya sekretaris baik sama sekretaris seksi?
Sekretaris baik “selamat pagi pak”
Sekretaris seksi “sudah pagi pak”

119. Apa persamaannya bayi ama snack canasta?
Sama-sama dibikin pake ‘tongkat ajaib’

120. Apa persamaan antara ASI dan air mineral?
Sumbernya sama, dari pegunungan

121. Apa beda susu cap nona dengan susu nona?
Kalau susu cap nona kental manis.
Kalau susu nona kental-kentul lebih manis.

122. Apa bedanya tentara dengan pembalut?
Kalo tentara disiplin, kalo pembalut diselipin

123. Apa perbedaan bulan madu pertama dan bulan madu kedua?
Kalau bulan madu pertama istrinya yang teriak “Haaaa… besar banget!”
Kalau bulan madu kedua suaminya yang teriak “Haaa… besar banget!”

124. Apakah perbedaan antara seorang pahlawan dan seorang perawan?
Pahlawan berjuang sampai titik darah penghabisan, sedangkan perawan berjuang hingga titik darah yang pertama

125. Apa bedanya burung cendrawasih dengan perempuan?
Burung cendrawasih adalah burung surga, sedangkan perempuan adalah surga burung

126. Burung apa yang nempel di tembok?
Burungnya cicak

127. Kentutnya ADE RAY bunyinya gimana?
Brotot… brotot… brottot :))

128. Sandal apa yang paling enak?
Sandal terasi

129. Apa perbedaan aksi dengan demo?
Kalo aksi rodanya empat kalo demo rodanya tiga

130. Item, gede sekali, buluan, & manis…?
Manisan Kingkong

131. Begoan mana, Batman apa Superman?
Begooan Batman, udah tau gak bisa terbang masih pake sayap

132. Apa persamaan Pangeran Dipenogoro dengan Cut Nyak Dien?
Sama-sama nggak punya handphone

133. Mengapa sepeda motor mereknya “yamaha”?
Sebab bikinan Jepang. Kalau bikinan Arab mereknya “yamahmud”

134. Cewek kalo’ jualan apa kelihatan susunya?
Jualan susu

135. Hewan apa yang nyampe pertama kali di bulan?
Burung…nya Neil Amstrong

136. Apa bedanya jatuh dari lantai 1 dengan jatuh dari lantai 13?
Kalau dari lantai 1, bunyinya “bruuk… aaa…”,
Kalau dari lantai 13 bunyinya “aaa… bruukkk…”

137. Pintu apa yang didorong-dorong sama 10 orang nggak bakal terbuka?
Pintu yang ada tulisannya “TARIK”

138. Lubang apa yang paling kecil di dunia?
Lubang pantat. Angin aja kalo mau lewat mesti menjerit

139. What’s the meaning of control?
Alat vitral

140. Nyarinya susah, setelah dapet, langsung dibuang. Apaan?
Ngupil

141. Kenapa laki-laki senang berpikir dan perempuan senang ngomong?
Karena laki-laki punya 2 kepala, perempuan punya 2 mulut.

142. Apa persaman goreng ikan gosong, orang jatuh ke sumur mati, dan perempuan bisa hamil?
Karena kelamaan ngangkat

· · · · · · · · · ·

Baca lagi humor yang lain:

Diproteksi: Tips Mengembalikan Keperawanan dan lucu

Konten ini diproteksi dengan password. Untuk melihatnya cukup masukkan password Anda di bawah ini:

Humor Gusdur

Humor Gusdur

TEROPONG BINTANG MADE IN INDONESIA (by : mahboeb).

Membahas asteroid raksasa yang mengancam planet bumi, para ahli astronomi seluruh dunia berkumpul di Amerika serikat, mereka membawa teropong bintang andalan –nya, tak ketinggalan dari Indonesia. Dimulai dari Rusia, dengan teropong-nya mereka melihat dan menyimpulkan, asteroid berjarak 28.968 km dan akan segera menabrak bumi. Kemudian Amerika serikat, kesimpulan-nya hampir sama dengan Rusia. Namun China dengan teropongnya lebih berani menyimpulkan, bahwa asteroid akan jatuh kebumi dalam hitungan hari. Mereka lantas menanyakan ahli dari Indonesia ; “bagaimana dengan kesimpulan anda..?”, ahli dari Negara kita ini mengatakan ; “ah.. ini masih lama kok..”. Mereka lantas penasaran dan berebut menggunakan teropong Indonesia, tiba-tiba sebagian dari mereka berteriak ; “oh.. mengapa terlihat banyak orang disana, asteroidnya tidak kelihatan, luar biasa .. luar biasa.. teropong ini, ini penemuan baru.!!!., ini berarti ada kehidupan di asteroid raksasa itu..!!”. ahli dari Indonesia ; “ kalian memang tolol semua, itu tadi orang-orang yang rapat pansus di DPR, maka-nya saya bilang masih lama..!.

CERITA TENTANG JIHAT
Saat menanggapi aksi jihad yang dilakukan oleh teroris yang percaya kematiannya akan “menjamin” tempat di surga, Gus Dur malah kembali melemparkan leluconnya. “Gus, betulkah para pengebom itu mati syahid dan bertemu bidadari di surga?.” tanya seorang wartawan kepada Gus Dur. Gus Dur pun menjawab, “Memangnya sudah ada yang membuktikan? Tentu saja belum kan, teroris itu kan juga belum pernah ke surga”. Mereka itu yang jelas bukan mati syahid tapi mati sakit. Dan kalau pun mereka masuk surga, mereka akan menyesal bertemu bidadari, karena kepalanya masih tertinggal di dunia dan ditahan oleh polisi.”
SOPIR BUS YANG MASUK SURGA
Alkisah, ketika hari pembalasan nanti telah tiba, orang-orang yang selamat akan digiring untuk masuk ke syurga, dan bagi yang tidak selamat akan dimasukkan ke neraka. Pada saat antrean masuk syurga, tiba-tiba malaikat menuntun orang yang dulunya seorang sopir bus untuk dimasukkan ke syurga. Orang-orang yang pada lihat pada bertanya dan protes, “hai malaikat, sopir bus itu dulunya suka mabuk dan ngebut ketika jadi sopir, kenapa kau masukkan ke syurga…?”. Malaikat penjaga syurga balik bertanya, “dulu ketika kalian jadi penumpangnya dan sopir ini mengemudikan bus sambil mabuk dan ngebut, apa yang kalian ucapkan..?”. orang-orang semuanya mengatakan ; ..”semoga selamat… semoga selamat… semoga selamat…”. Malaikat ; “nah itu dia, do’a kalian telah dikabulkan dan sopir ini selamat sehingga masuk syurga”.
NYI ROROKIDUL DIPAKSA PAKAI JILBAB
Dalam sebuah acara dialog di TVRI, ada seorang bertanya kepada Gus dur, “Gus, bagaimana pandangan anda tentang gempa di Yogyakarta ini ?”. karena Gus dur bukan seorang ahli geologi, dengan tenang gus dur menjawab, ” itu karena Nyi rorokidul dipaksa pakai jilbab”.
PENGUSAHA KATAK [HUMOR KENANGAN GUSDUR]
ada seorang pengusaha katak yang sukses, pengusaha itu bertanya kepada seorang kiai bagaimana hukumnya berbisnis katak dan kiai itu tegas menjawab haram,” katanya. Pengusaha itu bersedih, lanjutnya, seraya mengatakan bahwa bisnis kataknya sudah mulai berkembang dan berencana untuk menyumbangkan 25 persen keuntungannya untuk pondok pesantren sang kiai. “Kiai itu kemudian menjawab, kok kamu tidak bilang dari tadi, coba nanti saya carikan hukumnya di kitab yang lebih tebal,”.
DEBAT ORANG WAHABI VS KYAI NU
Seorang wahabi berdebat sengit dengan Kyai kampung yang NU. mereka silih berganti membuka kitab-kitab yang tebal andalan mereka, tema perdebatan adalah seputar fase-fase setelah orang mati. kyai NU tetap berpendirian bahwa orang setelah mati akan melalui fase pertanyaan kubur, selanjutnya dan selanjutnya, orang wahabi membantah dengan dalih tidak bisa dirasionalisasi dan sebagainya. ketika perdebatan sudah memuncak, kyai NU keluar dari arena debat, sambil berkata :”sebentar saya masih ada satu bukti lagi untuk mendukung pendapat saya..!!”. orang wahabi mempersilahkan sambil persiapan, jangan-jangan Kyai NU mengambil kitab yang paling tebal sebagai jurus pamungkasnya. Kyai NU sudah datang sambil menunjukkan sesuatu : “nah ini buktinya kalau anda masih ndak percaya..!”. orang wahabi : “lho pak Kyai, buat apa pentungan sebesar itu..??. pak Kyai : “.. yang jelas untuk anda, nanti setelah anda saya gebukin dan mati, tolong cerita kejadian di alam kubur ya, nanti saya di miscall..”. orang wahabi meninggalkan arena debat sambil lari tunggang langgang …
MENEBAK USIA MUMI [HUMOR KENANGAN GUSDUR]
Cerita tentang sayembara menebak usia mumi di Giza, Mesir. Puluhan negara diundang oleh pemerintah Mesir untuk mengirimkan tim ahli paleoantropologinya yang terbaik. Tapi, pemerintah Indonesia lain dari yang lain, namanya juga zaman Orde Baru, mengirimkan seorang komandan Intel. Tim Prancis tampil pertama kali, membawa peralatan mutakhir, ukur sana ukur sini, catat ini dan itu, kemudian menyerah tidak sanggup. Pakar Amerika perlu waktu yang lama, tapi taksirannya keliru. Tim Jerman menyatakan usia mumi itu tiga ribu dua ratus tahun lebih sedikit, juga salah. Tim Jepang juga menyebut di seputar angka tersebut, juga salah. Giliran peserta dari Indonesia maju, Pak Komandan ini bertanya pada panitia, bolehkah dia memeriksa mumi itu di ruangan tertutup. “Boleh, silahkan,” jawab panitia. Lima belas menit kemudian, dengan tubuh berkeringat Pak Komandan itu keluar dan mengumumkan temuannya kepada tim juri. “Usia mumi ini lima ribu seratus dua puluh empat tahun tiga bulan tujuh hari,” katanya dengan lancar, tanpa keraguan sedikit pun. Ketua dan seluruh anggota tim juri terbelalak dan saling berpandangan, heran dan kagum. Jawaban itu tepat sekali! Bagaimana mungkin pakar dari Indonesia ini mampu menebak dengan tepat dalam waktu sesingkat itu? Hadiah pun diberikan. Ucapan selamat mengalir dari para peserta, pemerintah Mesir, perwakilan negara-negara asing dan sebagainya dan sebagainya. Pemerintah pun bangga bukan kepalang. Menjelang kembali ke Indonesia, Pak Komandan dikerumuni wartawan dalam dan luar negeri di lobi hotel. “Anda luar biasa,” kata mereka. “Bagaimana cara Anda tahu dengan persis usia mumi itu?” Pak Komandan dengan enteng menjawab,”Saya gebuki, ngaku dia.” []
SIAPA YANG PALING BERANI…! [HUMOR KENANGAN GUSDUR]
Suatu ketika presiden AS , PM Jepang dan Presiden Indonesia berada di gladak Kapal perang AS. Presiden AS mengajak bertanding, prajurit siapa yang paling berani dan hebat dari ketiganya, Presiden AS memanggil salah satu Mayor :”hai Mayor, coba kamu berenang mengelilingi kapal ini 10x, ingat di bawah sana banyak hiu-hiu yang kelaparan”. Mayor AS: “siap presiden..!”. Mayor akhirnya berenang mengelilingi kapal sambil dikejar-kejar hiu, akhirnya selesai dan selamat. sekarang PM Jepang memanggil Kolonelnya : “Kolonel, ayo kamu harus turun dan berenang mengelilingi kapal ini sampai 50x..!”. Kolonel Jepang : “Siap..”, akhirnya kolonel Jepang melepas pakainnya dan berenang sambil dikejar hiu-hiu yang sedang kelaparan, akhirnya selesai dan selamat. sekarang tinggal Indonesia yang harus membuktikan keberanian prajuritnya. Presiden : hai, Kopral, buktikan keberanianmu, coba turun dari kapal dan berenang 100x..!”. Kopral tiba-tiba marah kepada presiden sambil berkata, “Presiden tolol..!, ndak punya otak..! siapa yang mau dimakan hiu.. ! huh.. dasar kurangajar..!!!, Kopral langsung pergi meninggalkan presiden. Presiden Indonesia: “nah coba tuan-tuan, bukankah prajurit saya yang paling berani..??
SESAMA SETAN SALING LEMPAR
Pak de Marbun sepulang dari tanah suci, terlihat mukanya pada benjol dan lebam. pak Ustadz bertanya ; “assalamualaikum pak haji Marbun, wah baru pulang dari haji.. lho.. kenapa mukanya kok pada benjol dan lebam..?”. Marbun : ” ini, kemarin pas lempar jumroh kena lemparan batu.. duh, rasanya masih sakit”. pak Ustadz : ” ooo… mungkin setannya pada marah, lha sesama setan kok saling lempar..”!. Pak de marbun : ..??!!!!?…

masalah kontrasepsi

Metode Kontrasepsi Dengan Alat

Bisa dibagi menjadi:

1. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)
Alat kontrasepsi dalam rahim mempunyai beberapa tipe, antara lain Copper T380A, Nova T, dan beberapa AKDR yang diberi hormon (mirena, Levo Nova).

Kelebihan:

  • Angka perlindungannya cukup tinggi, yaitu dengan kegagalan 0,3-1 per 100 wanita tiap tahun.

Kekurangan:

  • Mengundang risiko infeksi radang panggul, perdarahan, dan kehamilan di luar kandungan.
  • Komplikasi perforasi (lubang) uterus.
  • Tidak memberi perlindungan terhadap penyakit kelamin dan hepatitis B maupun HIV/AIDS.

2. Kontrasepsi Dengan Metode Perintang
Yang paling umum digunakan adalah kondom, diafragma, dan spermisida.

a. Kondom
Kantong kecil yang terbuat dari karet ini bekerja dengan membungkus penis, sehingga sperma yang keluar tetap berada dalam kantong tersebut.

Kelebihan:

  • Aman dipakai
  • Mudah didapat
  • Cukup efektif bila digunakan dengan benar.
  • Dapat mencegah penyebaran penyakit menular seksual dan hepatitis B HIV/AIDS.

Kekurangan:

  • Ada risiko robek. Oleh sebab itu, gunakan satu kondom hanya untuk satu kali pakai. Kondom yang baik terasa licin dan basah. Jangan gunakan kondom yang bagian dalamnya kering, yang terasa lengket di tangan, atau yang merekat pada bungkus plastiknya.
  • Angka kegagalan tinggi, yaitu 3 – 15 per 100 wanita per tahun.

b. Diafragma
Berbentuk seperti mangkok ceper, terbuat dari karet. Cara penggunaannya dimasukkan ke dalam vagina. Alat ini berkerja dengan cara menutupi mulut rahim, sehingga sperma, meski masih masuk ke vagina, tak bisa meneruskan perjalanan ke rahim.

Kelebihan:

  • Dapat dipakai berkali-kali.
  • Melindungi dari kehamilan dan penyakit menular seksual hepatitis B HIV/AIDS.

Kekurangan:

  • Angka kegagalan tinggi, yaitu 5 – 20 per 100 wanita per tahun.
  • Sulit dipasang.

c. Spermisida
Alat KB ini memiliki bentuk beragam. Ada foam aerosol (busa), tablet, krim, jeli, dan spons. Dipakai dengan cara dioleskan ke dalam vagina sebelum berhubungan intim. Spermisida mematikan sel-sel sperma sebelum sempat memasuki rahim.

Kelebihan:

  • Melindungi pemakainya dari penyakit menular seksual gonorrhea, klamida, hepatitis B, HIV/AIDS
  • Tidak didapatkan efek samping sistemik/pada tubuh.

Kekurangan:

  • Angka kegagalan 10-25 dari 100 wanita per tahun.
  • Tidak memberi perlindungan terhadap hepatitis B, penyakit menular seksual, seperti HIV/AIDS, klamidia, gonorrhea.
  • Bisa menimbulkan gatal-gatal atau lecet pada vagina.
  • Tidak terlalu ampuh bila hanya digunakan tanpa bantuan alat lain seperti kondom atau diafragma.

3. Metode KB Hormonal
Kebanyakan kontrasepsi hormonal mengandung estrogen dan progesteron atau hanya progesteron saja.

a. Pil KB Terpadu
Umumnya mengandung hormon gestagen dan estrogen sintetik. Pil yang dianjurkan adalah pil dosis rendah yang mengandung estrogen kurang dari atau sebesar 35 mikrogram dan 1 miligram progesteron.

Kelebihan:

  • Mudah didapat

Kekurangan:

  • Harus diminum setiap hari.
  • Tidak semua wanita disarankan menggunakan pil, yaitu:
  • ibu menyusui,
  • perokok,
  • berusia 40 tahun ke atas,
  • memiliki problema kesehatan apa pun seperti kejang, TBC, kanker, hipertensi, diabetes, hepatitis, jantung pernah stroke, dan lainnya.
  • Menimbulkan efek samping:
  • terjadi pendarahan tidak teratur di luar masa haid.
  • mual-mual
  • sakit kepala

b. Pil KB Mini
Beda dengan pil KB terpadu, pil ini hanya mengandung gestagen saja.

Kelebihan:

  • Dapat digunakan untuk ibu menyusui
  • Mudah didapat

Kekurangan:

  • Memiliki efek samping yaitu:
  • Pendarahan tidak teratur
  • Haid tidak datang
  • Terkadang muncul sakit kepala

c. Suntikan
Suntikan KB melindungi dari kehamilan sampai tiba waktunya disuntik kembali. Efektivitasnya hampir sama dengan pil kombinasi dan melebihi pil mini maupun AKDR. Kegagalan pada umumnya terjadi karena ketidakpatuhan terhadap jadwal suntik atau teknik penyuntikan yang salah. Cara kerja suntikan KB salah satunya yaitu menyebabkan pengentalan mukus serviks, sehingga menurunkan kemampuan penetrasi sperma.

Yang perlu diketahui, jika kontrasepsi suntikan dihentikan harus menunggu 1 tahun atau lebih untuk bisa hamil kembali.
Pemakai akan menerima suntikan hormon setiap 1-3 bulan sekali, yaitu:

Suntikan progestin;
Suntikan yang hanya mengandung hormon gestagen saja. Contohnya, depo provera dan depo noristerat.

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk ibu menyusui atau wanita yang tidak boleh memakai tambahan estrogen.

Kekurangan:

  • Memiliki efek samping:
  • Pendarahan tidak teratur
  • Haid tidak datang
  • Berat badan bertambah

Suntikan terpadu
Suntikan yang mengandung hormon gestagen dan estrogen, misalnya, depo estrogen-progesteron atau cyklofem.

Kelebihan:

  • Tidak mempengaruhi siklus haid

Kekurangan:

  • Tidak bisa dipakai ibu menyusui
  • Sulit diperoleh
  • Relatif mahal
  • Tidak dianjurkan bagi wanita yang tidak disarankan minum pil KB terpadu dan suntikan progestin.

d. Susuk
Dipakai dengan memasukkannya ke bawah permukan kulit sebelah dalam lengan. Ada 2 jenis:

  • – Norplant merupakan salah satu metode kontrasepsi berjangka waktu 5 tahun. Efektivitas kontrasepsi yang terdiri dari 6 batang susuk ini sangat tinggi. Angka kehamilan rata-rata pertahun hanya kurang dari 1 %.
  • – Implanon: kontrasepsi yang terdiri atas satu batang susuk ini dapat dipergunakan sedikitnya selama 3 tahun.

Kelebihan:

  • * Sesudah dipasang alat ini akan mencegah kehamilan selama 5 tahun.
  • * Bisa digunakan oleh wanita yang mengalami masalah dengan hormon estrogen.
  • * Bisa digunakan oleh wanita yang menjalani pengobatan untuk kekejangan.
  • * Walau dirancang 5 tahun, bisa dicopot sewaktu-waktu.

Kekurangan:

  • * Susuk lebih gampang dipasang daripada dicopot. Jadi sebelum memakai metode ini, pastikan pekerja kesehatan di klinik atau pos pelayanan KB sudah terlatih dan terampil serta bersedia mencopot susuk seandainya tidak lagi dikehendaki.
  • * Susuk sebaiknya dihindari jika yang bersangkutan:
  • – Pengidap kanker atau benjolan keras di payudara
  • – Haidnya sudah terlambat datang
  • – Mengalami perdarahan abnormal dari vagina
  • – Penderita sakit jantung
  • – Ingin hamil dalam beberapa tahun mendatang

Metode Kontrasepsi Laktasi

Metode ini hanya bisa diterapkan pada ibu menyusui yang benar-benar menyusui secara eksklusif/terus-menerus.

Kelebihan:

  • Ekonomis.
  • Mengurangi perdarahan pasca melahirkan.
  • Memberikan nutrisi yang baik pada bayi.

Kekurangan:

  • Hanya melindungi pada 6 bulan pertama.
  • Angka kegagalan/kehamilan 6 per 100 wanita per tahun.

Metode Kontrasepsi Darurat (Pasca Senggama)

Sebenarnya kontrasepsi ini bukan merupakan alternatif untuk pencegahan kehamilan. Namun, dalam keadaan darurat metode kontrasepsi ini dapat digunakan, yaitu setelah berhubungan seks dan sebelum implantasi (menempelnya embrio pada dinding rahim).

Yang perlu dicermati, kontrasepsi darurat hanya dibolehkan bagi wanita yang tidak menggunakan jenis kontrasepsi apa pun dan yang melakukan sanggama pada pertengahan siklus haidnya.

Ada beberapa jenis kontrasepsi darurat:
Estrogen:
Sudah mulai ditinggalkan karena dosis yang digunakan cukup tinggi, sehingga menimbulkan banyak efek samping.

Estrogen-progesteron:
Diberikan dalam 24 jam atau paling lambat 48 jam pascasanggama. Dosisnya harus tinggi.

Gestagen:
Diberikan paling lambat 3 jam setelah sanggama.

Danazol:
Dosis yang diperlukan 800-1200 mg/hari. Banyak menimbulkan efek samping.

Antiprogestin:
Dikenal sebagai abortivum. Dosisnya cukup 600 mg/hari.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Efektivitasnya lebih tinggi bila digunakan segera setelah sanggama.
  • Untuk menghindari gangguan siklus haid, gunakan hanya 1 kali pada 1 siklus haid.
  • Bila tidak terjadi haid pada siklus berikutnya, ibu harus melakukan tes kehamilan.
  • Setelah menggunakan kontrasepsi darurat sebaiknya tidak melakukan sanggama lagi sampai datang siklus haid berikut.
  • Bila embrio telah tertanam dalam rahim maka pil atau tablet tidak dapat mencegah kehamilan. Kalau digunakan malah dapat menimbulkan efek kecacatan. Oleh karena itu steroid seks tidak boleh diberikan setelah 72 jam pascasanggama. Bila waktu telah dilampaui dan implantasi tetap hendak dicegah, maka akan dipasang AKDR dari tembaga.

Kekurangan:

  • Sakit kepala, mual, dan muntah. Yang bersangkutan perlu diberi obat antimuntah. Kalau terjadi kehamilan maka perlu dipertimbangkan pengakhiran kehamilan untuk mencegah efek kecacatan/kelainan pada janin.

Metode Kontrasepsi Mantap

Dikenal juga dengan sterilisasi, yaitu operasi pada saluran indung telur (perempuan) atau saluran sperma (laki-laki) agar steril atau tak ada sel telur untuk dibuahi maupun sel sperma untuk membuahi. Sterilisasi pada wanita disebut dengan tubektomi sedangkan para pria dikenal dengan vasektomi.

Tubektomi

Kelebihan:

  • Cukup efektif dalam mencegah kehamilan 0,1/100 wanita per tahun.

Kekurangan:

  • Bersifat permanen
  • Tidak terlindung dari penyakit menular seksual

Vasektomi

Kelebihan:

  • Cukup efektif dalam mencegah kehamilan 0,3/100 wanita per tahun.

Kekurangan:

  • Bersifat permanen.
  • Tidak terlindung dari penyakit menular seksual.

Perlu Disesuaikan Dengan Usia

Pemilihan alat kontrasepsi perlu disesuaikan dengan usia. Bagi perempuan 20-35 tahun disarankan menggunakan kontrasepsi pil atau kondom. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim seperti IUD atau Spiral adalah pilihan kedua untuk menghindari terjadinya risiko infeksi pada rahim.

Dengan alasan yang sama pula, AKDR sebaiknya tidak digunakan bagi perempuan yang belum pernah memiliki anak. IUD/Spiral bisa dipakai perempuan yang telah mempunyai anak atau telah berusia di atas 30 tahun. Sedangkan bagi perempuan di atas 40 tahun jangan menggunakan kontrasepsi pil. Pil KB biasanya menggunakan hormon estrogen dan atau gestagen sintetik. Untuk mengonsumsi pil ini dibutuhkan fungsi hati yang cukup bagus, sementara fungsi hati pada wanita di atas 40 tahun biasanya sudah berkurang. Lebih baik, gunakan AKDR atau Kontap (kontrasepsi mantap), seperti tubektomi atau vasektomi.

Kondom

March 3rd, 2010 lusa Leave a comment Go to comments

Kondom tidak hanya mencegah kehamilan, tetapi juga mencegah penyakit menular seksual termasuk HIV/AIDS. Kondom akan efektif apabila pemakaiannya baik dan benar. Selain itu, kondom juga dapat dipakai bersamaan dengan kontrasepsi lain untuk mencegah PMS.

Pengertian Kondom
Kondom merupakan selubung/sarung karet yang terbuat dari berbagai bahan diantaranya lateks (karet), plastik (vinil) atau bahan alami (produksi hewani) yang dipasang pada penis saat berhubungan. Kondom terbuat dari karet sintetis yang tipis, berbentuk silinder, dengan muaranya berpinggir tebal, yang digulung berbentuk rata. Standar kondom dilihat dari ketebalannya, yaitu 0,02 mm.

Jenis Kondom
Ada beberapa jenis kondom, diantaranya:

  1. Kondom biasa.
  2. Kondom berkontur (bergerigi).
  3. Kondom beraroma.
  4. Kondom tidak beraroma.

Kondom untuk pria sudah lazim dikenal, meskipun kondom wanita sudah ada namun belum populer.

Cara Kerja Kondom
Alat kontrasepsi kondom mempunyai cara kerja sebagai berikut:

  1. Mencegah sperma masuk ke saluran reproduksi wanita.
  2. Sebagai alat kontrasepsi.
  3. Sebagai pelindung terhadap infeksi atau tranmisi mikro organisme penyebab PMS.

Efektifitas Kondom
Pemakaian kontrasepsi kondom akan efektif apabila dipakai secara benar setiap kali berhubungan seksual. Pemakaian kondom yang tidak konsisten membuat tidak efektif. Angka kegagalan kontrasepsi kondom sangat sedikit yaitu 2-12 kehamilan per 100 perempuan per tahun.

Manfaat Kondom
Indikasi atau manfaat kontrasepsi kondom terbagi dua, yaitu manfaat secara kontrasepsi dan non kontrasepsi.

Manfaat kondom secara kontrasepsi antara lain:

  1. Efektif bila pemakaian benar.
  2. Tidak mengganggu produksi ASI.
  3. Tidak mengganggu kesehatan klien.
  4. Tidak mempunyai pengaruh sistemik.
  5. Murah dan tersedia di berbagai tempat.
  6. Tidak memerlukan resep dan pemeriksaan khusus.
  7. Metode kontrasepsi sementara

Manfaat kondom secara non kontrasepsi antara lain:

  1. Peran serta suami untuk ber-KB.
  2. Mencegah penularan PMS.
  3. Mencegah ejakulasi dini.
  4. Mengurangi insidensi kanker serviks.
  5. Adanya interaksi sesama pasangan.
  6. Mencegah imuno infertilitas.

Keterbatasan Kondom
Alat kontrasepsi metode barier kondom ini juga memiliki keterbatasan, antara lain:

  1. Efektifitas tidak terlalu tinggi.
  2. Tingkat efektifitas tergantung pada pemakaian kondom yang benar.
  3. Adanya pengurangan sensitifitas pada penis.
  4. Harus selalu tersedia setiap kali berhubungan seksual.
  5. Perasaan malu membeli di tempat umum.
  6. Masalah pembuangan kondom bekas pakai.

Penilaian Klien
Klien atau akseptor kontrasepsi kondom ini tidak memerlukan anamnesis atau pemeriksaan khusus, tetapi diberikan penjelasan atau KIE baik lisan maupun tertulis. Kondisi yang perlu dipertimbangkan bagi pengguna alat kontrasepsi ini adalah:

Kondom
Baik digunakan Tidak baik digunakan
Ingin berpartisipasi dalam program KB Mempunyai pasangan yang beresiko tinggi apabila terjadi kehamilan
Ingin segera mendapatkan kontrasepsi Alergi terhadap bahan dasar kondom
Ingin kontrasepsi sementara Menginginkan kontrasepsi jangka panjang
Ingin kontrasepsi tambahan Tidak mau terganggu dalam persiapan untuk melakukan hubungan seksual
Hanya ingin menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan Tidak peduli dengan berbagai persyaratan kontrasepsi
Beresiko tinggi tertular/menularkan PMS

Kunjungan Ulang
Saat klien datang pada kunjungan ulang harus ditanyakan ada masalah dalam penggunaan kondom dan kepuasan dalam menggunakannya. Apabila masalah timbul karena kekurangtahuan dalam penggunaan, maka sebaiknya informasikan kembali kepada klien dan pasangannya. Apabila masalah yang timbul dikarenakan ketidaknyamanan dalam pemakaian, maka berikan dan anjurkan untuk memilih metode kontrasepsi lainnya.

Penanganan Efek Samping
Di bawah ini merupakan penanganan efek samping dari pemakaian alat kontrasepsi kondom.

Efek Samping Atau Masalah Penanganan
Kondom rusak atau bocor sebelum pemakaian Buang dan pakai kondom yang baru atau gunakan spermisida
Kondom bocor saat berhubungan Pertimbangkan pemberian Morning After Pil
Adanya reaksi alergi Berikan kondom jenis alami atau ganti metode kontrasepsi lain
Mengurangi kenikmatan berhubungan seksual Gunakan kondom yang lebih tipis atau ganti metode kontrasepsi lain

Referensi
Bambangguru. 2008. AIDS. bambangguru.wordpress.com/2008/12/01/aids/#more-301 diunduh 28 Feb. 2010, 08:45 PM
kondomku.com/page_3 diunduh 28 Feb. 2010, 10:25 PM.
Saifuddin, BA. 2008. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka. (Bagian Kedua MK 17- MK 21).
swish.org.uk/?q=sex_info/condoms diunduh 28 Feb. 2010, 08:40 PM.
thebody.com/content/art12636.html diunduh 28 Feb. 2010, 10:21 PM

//

Tulisan Sejenis :

  1. Spermisida
  2. Cara Pakai Kondom Lelaki
  3. Cara Pakai Kondom Wanita
  4. Diafragma
  5. Coitus Interuptus
  6. Metode Amenorea Laktasi (MAL) atau Lactational Amenorrhea Method (LAM)
  7. Cara Minum Pil Progestin (Minipill or Progestin Only Contraceptive)
  8. Keluarga Berencana Alamiah atau Natural Family Planning (KBA)
  9. Cara Pakai Spermisida
  10. Kontrasepsi Pil Progestin (Minipill or Progestin Only Contraceptive)

Apa KB atau Kontrasepsi Yang Cocok Untuk Saya?

Apa KB atau kontrasepsi yang cocok untuk anda?—Ini merupakan pertanyaan yang sering timbul bagi para wanita. Sebenarnya bagaimana sih memilih kontrasepsi yang cocok?

Kontrasepsi adalah suatu cara atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Biasanya wanita menggunakan kontrasepsi untuk menunda kehamilan pertamanya dahulu atau menjarangkan kelahiran dengan anak berikutnya.

Ada beberapa metode kontrasepsi yang tersedia, dan dalam memilih apa metode yang cocok untuk anda itu tergantung dari beberapa factor seperti berapa usia anda, riwayat kesehatan anda, berapa lama anda akan menunda kehamilan anda ini, bagaimana tanggapan suami anda, dan bagaimana pemikiran dan kepercayaan anda sendiri terhadap kontrasepsi ini.

Tapi dari semua factor diatas yang terpenting adalah apakah anda merasa aman dan nyaman dengan pilihan anda juga pasangan anda. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda lebih dahulu bila anda masih tidak yakin dengan pilihan anda.

Ada beberapa metode dari kontrasepsi / KB yang tersedia dan tidak setiap wanita mempunyai kecocokan yang sama.

Jadi dalam memilih kontrasepsi apa yang akan cocok untuk anda, sebaiknya anda mengetahui keuntungan dan kelemahan dari masing-masing metode yang ada, dan berdiskusilah dengan pasangan anda karena yang terpenting adalah anda dan pasangan merasa aman dan nyaman dengan pilihan kontrasepsi anda berdua.

Bila anda masih ragu jangan pernah malu untuk bertanya dan berkonsultasi dengan dokter anda untuk memilih jenis metode kontrasepsi apa yang terbaik untuk anda.

Related Posts by Categories

Kebidanan

KONTRASEPSI BUKAN CUMA MASALAH ISTRI

September 26, 2008

Rate This
sumber : NAKITA
Agar masalahnya tak berlarut-larut, pastikan Anda tahu kemungkinan-kemungkinan seputar pemakaian alat kontrasepsi.

Siapa yang harus menggunakan alat kontrasepsi, suami atau istri? Pertanyaan ini tidak bisa selesai dengan jawaban sederhana karena masalahnya memang kompleks. Konsekuensinya terkait dengan banyak hal, dari kesehatan organ reproduksi, budaya setempat, hingga kondisi psikologis. Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan alat bantu ini. Namun penggunaan kontrasepsi pada hakikatnya tidak hanya membatasi jumlah anak, karena juga mempertaruhkan kualitas kehidupan keluarga pemakainya. Lihat saja, pemaksaan penggunaan alat kontrasepsi, baik oleh pasangan maupun negara seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, selain membebani secara psikologis, juga mengundang masalah lainnya.

Pemahaman sepotong-sepotong tentang kontrasepsi adakalanya memancing perdebatan. Bila kedua belah pihak merasa tidak punya “bahan” yang lengkap tentang pilihan alat kontrasepsi berikut risikonya, sebaiknya libatkan pihak ketiga yang kompeten. Dalam hal ini dokter kandungan atau bidan.

Buang jauh-jauh keinginan memaksa salah satu pihak. Sebaliknya pilih alternatif yang paling aman dari sudut medis dan paling nyaman untuk keduanya. Apalagi dengan kemajuan dunia kedokteran, penggantian jenis alat kontrasepsi sangat dimungkinkan bila dirasa ada masalah dengan pilihan sebelumnya.

RAGAM PILIHAN DAN DAMPAK PSIKOLOGISNYA

* IUD

Jenis kontrasepsi ini diklaim paling aman. Meski demikian kondisi ini tidak berlaku umum bagi tiap ibu. Ada beberapa risiko seperti perdarahan, rasa nyeri di perut dan sebagainya. Namun selama dokter/bidan memastikan tidak ada yang salah dengan pemasangan alat ini, maka efek yang muncul bisa jadi adalah efek psikologis.

Masalah psikologis: Biasanya keluhan yang muncul adalah rasa sakit, rasa tidak nyaman, suami merasa ada yang mngganjal/”menusuk” saat berhubungan intim dan sebagainya. Pada saat pemasangan pun sebagian wanita merasa “seram” karena adanya benda asing yang dimasukkan ke tubuhnya.

Cara mengatasi: Ada contoh nyata, seorang wanita merasa selalu sakit perut akibat pemasangan IUD. Setelah konsultasi dengan dokter, dia ingin alat tersebut dilepas. Oleh dokter alat tersebut sebenarnya tidak benar-benar dilepas, namun sekadar “dirapikan”. Keluhannya langsung hilang, begitu dia merasa sudah “dilepas”. Padahal tentu saja IUD-nya masih berada di tempat semula. Intinya, keluhan yang muncul adalah masalah psikologis. Sebaiknya pasangan yang memilih kontrasepsi jenis ini sudah mempersiapkan mental. Rasa sakit dan tidak nyaman selama sudah dipastikan dokter tidak ada masalah, bisa diabaikan.

* Hormonal

Kontrasepsi jenis hormonal bisa berupa pil atau suntikan.

Masalah psikologis: Efek hormonal yang bisanya muncul adalah kenaikan berat badan, flek cokelat kehitaman di wajah. Bahkan akibat perubahan hormon ada beberapa wanita yang mengalami depresi.

Cara mengatasi: Bila secara medis kontrasepsi jenis ini dirasa tidak cocok, maka dokter akan menyarankan untuk menggantinya dengan kontrasepsi jenis lain. Efek psikologis yang muncul bisa direduksi dengan banyaknya aktivitas. Sebagai contoh, wanita bekerja yang sibuk tidak akan terpengaruh dengan perubahan hormonal yang dialaminya.

* Kondom

Bila kedua jenis kontrasepsi di atas menimbulkan masalah secara medis pada wanita, maka kondom bisa menjadi solusi paling praktis dan masuk akal. Apalagi pemakaian kondom dibatasi hanya pada saat masa subur saja. Itu berarti frekuensi penggunaannya sekitar seminggu setiap bulannya.

Masalah psikologis: Rasa tidak nyaman dan mengganggu kenikmatan hubungan seksual.

Cara mengatasi: Berkurangnya kenikmatan seksual akibat pemakain kondom hampir bisa dipastikan adalah masalah psikologis. Apalagi kondom yang beredar di pasaran saat ini sudah lebih modern, baik dari bentuk, ketebalan, dan tingkat keamanannya. Bila satu merek dirasa kurang oke, coba dulu dengan berganti merek lain. Buang jauh-jauh pikiran berkurangnya kenikmatan dan ganti dengan keinginan untuk memberikan kualitas kehidupan yang terbaik bagi keluarga.

* Sistem Kalender

Pengaturan jarak kehamilan dengan sistem kalender hanya efektif bagi wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur. Dengan demikian kapan datang masa suburnya dapat dihitung secara tepat. Namun, kontrasepsi jenis ini paling rawan “kebobolan”. Selain ketidakpatuhan pada jadwal, hitungannya pun mungkin saja meleset. Ada baiknya kontrasepsi kalender dibarengi dengan pemakain kondom di hari-hari subur.

Masalah psikologis: Seperti sudah disinggung di atas, kendala utama kontrasepsi alami ini adalah ketidakpatuhan pada jadwal. Apalagi untuk pasangan yang masih muda, baik dari segi usia maupun usia pernikahan. Kadangkala menahan hasrat terasa lebih sulit daripada memikirkan risikonya.

Cara mengatasi: Sekali lagi komunikasi. Jadikan jadwal yang sudah diatur sebagai bentuk tanggung jawab bersama. Bila salah satu pasangan mengatakan tidak di tanggal yang sudah disepakati, jangan menjadikannya sebagai alasan untuk marah dan mengungkit hal-hal yang tidak perlu. Tanpa kesadaran dan kedewasaan kedua belah pihak, pembatasan ini bisa memicu hal-hal lain yang nantinya malah merusak hubungan pernikahan, seperti adanya affair dan sebagainya.

* Steril

Pada dasarnya pemilihan kontrasepsi permanen harus didukung dengan alasan medis maupun kesiapan mental. Tanpa alasan medis yang kuat, biasanya dokter akan menawarkan alternatif kontrasepsi jenis lain.

Masalah psikologis: Kesiapan mental menjadi faktor penentu. Semisal kemungkinan munculnya perasaan “terbuang” setelah fungsinya sebagai pria/wanita tidak lagi sempurna. Atau sebaliknya, pada beberapa pribadi tertentu rasa aman yang permanen ini justru membuatnya merasa bebas sehingga membuka peluang untuk melakukan kontak seksual dengan siapa pun selain pasangan tetapnya.

Cara mengatasi: Untuk pria/wanita yang merasa “terbuang” karena fungsi organ reproduksinya sudah tidak sempurna lagi, komunikasi efektif kedua belah pihak akan menjadi tali penyelamat. Masalah yang dihadapi adalah masalah bersama. Bantu/dorong pasangan yang sudah steril dengan pikiran dan aktivitas positif. Kesibukan dan perasaan masih dibutuhkan akan menjauhkannya dari rasa putus asa.

Untuk mereka yang merasa “aman” dengan keadaan ini pun disarankan makin memperdalam dan mengintensifkan komunikasi dengan pasangan. Jangan pernah ciptakan peluang dari kondisi ini. Tanggung jawab sebagai manusia dewasa harusnya bisa menjadi sekat tak kasat mata yang tidak boleh ditembus. Jangan tergoda untuk berselingkuh dan sejenisnya semata karena menyadari tidak adanya konsekuensi yang harus dihadapi.

SADARI RISIKONYA

Selain pemilihan jenis kontrasepsi yang bisa menimbulkan efek psikologis, risiko “kebobolan” pun harusnya sudah diperhitungkan. Seperti sudah diketahui, kecuali kontrasepsi mantap, pilihan lainnya hanya menjamin di atas 90%. Artinya, masih ada peluang sekitar 1-10% terjadinya kehamilan.

Beberapa kejadian bisa dijadikan pelajaran. Contohnya ada seorang pria di Amerika yang merasa heran istrinya bisa hamil lagi padahal selama berhubungan dia menggunakan kondom. Ketika menuntut produsen kondom merek itu, diketahui bahwa efektivitas kondom tersebut hanya 99% dan itu sudah tertulis dalam kemasannya. Kebetulan pasangan inilah yang mendapat “kehormatan” untuk menjadi konsumen yang 1% tadi.

“Kebobolan” saat menggunakan alat kontrasepsi pun bisa berdampak secara psikologis. Bagaimanapun si anak tidak direncanakan kehadirannya. Langkah pertama yang harus diambil adalah berlapang dada dengan menerima anugerah tersebut. Jangan saling menyalahkan apalagi membuang-buang waktu dengan menuntut produsen alat kontrasepsi sebab hanya akan menyeret rangkaian gerbong masalah yang panjang.
Marfuah Panji Astuti

Konsultan ahli:
Dra. Lidwina Banowati, M. Psi.,
psikolog dari Siloam Graha Medika Hospital, Kebon Jeruk, Jakarta

Bagaimana cara memilih alat kontrasepsi keluarga berencana (KB)

Ceritanya selepas magrib tadi mampir ke rumah sakit menjenguk seorang sahabat yang baru saja melahirkan anak keduanya. Selisih antara anak pertama dan anak keduanya lebih dari 2.5 tahun. Menurut saya sih normal-normal saja, saya dan kakak saya hanya selisih 1 tahun 2 bulan dan rasa-rasanya sih baik-baik saja tuh. Kalau bicara planning sih, waktu yang ideal mungkin 4 tahun lagi untuk Azkia punya adik.

Ternyata, setelah ngobrol-ngobrol, si sahabat pun punya planning yang hampir sama sebenarnya. Juga 4 tahunan untuk punya anak keduanya. Hanya saja karena ‘kekurang-efektifan’ alat kontrasepsi yang dipilih akhirnya bablas juga. Si sahabat memilih alat kontrasepsi suntik, yang katanya ada sedikit ‘masalah’ saat transisi dari periode tiga bulanan menjadi satu bulanan, maka terjadilah.

Mungkin ada yang punya tips seputar alat kontrasepsi ini? sebenarnya waktu awal-awal menikah, kami juga mengandalkan alat kontrasepsi berjenis kondom. Pertimbangannya banyak, mulai dari belum mapan, belum ada rumah. Tapi lama-lama males juga. Rasa-rasanya sih banyak juga pasangan yang prinsipnya sama seperti itu.
Bagaimana cara memilih alat kontrasepsi keluarga berencana (KB)September 12, 2008 — priandoyo

Ceritanya selepas magrib tadi mampir ke rumah sakit menjenguk seorang sahabat yang baru saja melahirkan anak keduanya. Selisih antara anak pertama dan anak keduanya lebih dari 2.5 tahun. Menurut saya sih normal-normal saja, saya dan kakak saya hanya selisih 1 tahun 2 bulan dan rasa-rasanya sih baik-baik saja tuh. Kalau bicara planning sih, waktu yang ideal mungkin 4 tahun lagi untuk Azkia punya adik.
Ternyata, setelah ngobrol-ngobrol, si sahabat pun punya planning yang hampir sama sebenarnya. Juga 4 tahunan untuk punya anak keduanya. Hanya saja karena ‘kekurang-efektifan’ alat kontrasepsi yang dipilih akhirnya bablas juga. Si sahabat memilih alat kontrasepsi suntik, yang katanya ada sedikit ‘masalah’ saat transisi dari periode tiga bulanan menjadi satu bulanan, maka terjadilah.
Mungkin ada yang punya tips seputar alat kontrasepsi ini? sebenarnya waktu awal-awal menikah, kami juga mengandalkan alat kontrasepsi berjenis kondom. Pertimbangannya banyak, mulai dari belum mapan, belum ada rumah. Tapi lama-lama males juga. Rasa-rasanya sih banyak juga pasangan yang prinsipnya sama seperti itu.